Rabu, 29 April 2015

PENGERTIAN MALWARE (Malicious Software)


       Pada saat kalian membaca kata Malware mungkin akan terpikirkan virus computer, tetapi bagi beberapa orang yang tidak mengetahui apa itu malware akan menganggap malware adalah sebuah virus computer, virus merupakan salah satu jenis malware tipe pertama , malware itu sendiri merupakan sebuah program yang  diciptakan seseorang untuk niat yang jahat, malware juga bisa menyembunyikan, mencuri, bahkan menghapus data yang tentu saja tanpa ijin dari pemilik computer itu sendiri, Virus adalah malware tipe pertama, jadi bisa dibilang virus merupakan   ciri-ciri ada malware/software yang mengandung virus di computer anda, virus memerlukan pihak ketiga untuk mengaktifkannya, pihak ketiga itu adalah pemilik computer itu sendiri, biasanya virus meniru beberapa program yang berformat .doc .EXE .JPG dan lain-lain. Selain virus malware juga memiliki beberapa jenis yaitu :


  •     Worm Komputer adalah malware yang bisa mengaktifkan diri sendiri tanpa perlu diaktifkan oleh pihak ketiga/pemilik computer, jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer atau jaringan komputer maka worm ini akan dapat berpindah ke komputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut.
  •        Spyware adalaha program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.
  •        Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komuter tersebut.
  •        Wabbit, Istilah ini mungkin asing, tapi memang ada malware tipe ini. Seperti worm, wabbit tidak membutuhkan suatu program dan dokumen untuk bersarang. Tetapi berbeda dengan worm yang menyebarkan diri ke komputer lain menggunakan jaringan, wabbit menggandakan diri secara terus-menerus didalam sebuah komputer lokal dan hasil penggandaan itu akan menggerogoti sistem. Kinerja komputer akan melambat karena wabbit memakan sumber data yang lumayan banyak. Selain memperlambat kinerja komputer karena penggunaan sumber daya itu, wabbit bisa deprogram untuk memiliki efek samping yang efeknya mirip dengan malware lain.

Itu dia beberapa jenis malware yang tentu saja sangat berbahaya jika berhasil menginfeksi computer anda, ada beberapa antivirus yang dapat saya sarankan yaitu : Avast, Kapersky, McAfee, Avira, AVG. hati-hati dalam menjelajahi internet salah-salah computer mu terinfeksi malware

Segitu aja informasi dari saya

jika mau tau lebih lanjut tentang saya silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar